SMK3 (SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA)



SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA (SMK3)  ADALAH.


Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnya disebut SMK3 adalah bagian dari sistem manajemen secara keseluruhan yang meliputi struktur organisasi, perencanaan, tanggung jawab, pelaksanaan prosedur, proses dan sumberdaya yang dibutuhkan bagi pengembangan, penerapan, pencapaian, pengkajian dan pemeliharaan kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja, guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.
(Sumber: peraturan menteri tentang sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja, bab I, pasal)

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnya disingkat K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.
(Sumber: PP Republik Indonesia No.50 tahun 2012 Tentang Penerapan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Bab I, pasal)

 

Hubungan antara K3 dan Produktivitas

            Kecelakaan mempengaruhi produktivitas perusahaan. Dalam proses produksi, produktivitas ditopang oleh tiga pilar utama yaitu Kuantitas (Quantity), Kualitas (Quality), dan Keselamatan (Safety). Produktivitas hanya dapat dicapai jika ketiga unsur produktivitas diatas berjalan secara seimbang.
           Konsep diatas tercermin dalam sistem manajemen mutu yang mencakup 6 (enam) unsur yaitu :
1.      Kualitas produk (quality of product)
2.      Kualitas penyerahan (quality of delivery)
3.      Kualitas biaya (quality of cost)
4.      Kualitas pelayanan (quality of service)
5.      Kualitas moral (quality of morale)
6.      Kualitas K3 (quality of safety)

Dari elemen mutu di atas, terlihat bahwa tanpa upaya Sistem Manajemen K3 yang baik maka proses pencapaian mutu tidak akan tercapai. Keselamatan dan kesehatan kerja berperan menjamin keamanan proses produksi sehingga produktivitas bisa tercapai.
(Sumber: Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001, Soehatman Ramli, 2010)

Gambar 2.1: Segitiga Produktivitas dan K3
(Sumber : Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001, Soehatman Ramli, 2010)

Kecelakaan Kerja

Kecelakaan akibat kerja adalah suatu kejadian yang tidak diduga, tidak dikehendaki dan dapat menyebabkan kerugian baik jiwa maupun harta benda. (Sumber: Rachman,1990)

Kerugian Akibat Kecelakaan

            Kerugian Akibat kecelakaan  dikategorikan atas kerugian langsung (direct cost) dan kerugian tak langsung (indirect cost). Kerugian langsung misalnya cidera pada tenaga kerja dan kerusakan pada sarana produksi.
Kerugian tidak langsung adalah kerugian yang tidak terlihat sehingga sering disebut juga sebagai kerugian tersembunyi (hidden cost), misalnya kerugian akibat terhentinya proses produksi, penurunan produksi, klaim atau ganti rugi, dampak sosial, citra dan kepercayaan konsumen.
Gambar 2.2 : Teori Gunung, Kerugian Kecelakaan Kerja
 

2.5       Sistem Manajemen K3 (SMK3)

            Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnya disingkat SMK3 adalah bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.
(Sumber: PP Republik Indonesia No.50 tahun 2012 Tentang Penerapan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Bab I, pasal 1)
 
            Penerapan SMK3 dipertegas dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Pasal 87 yang menyatakan :

a)      Setiap  perusahaan  wajib  menerapkan  sistem  manajemen  keselamatan  dan kesehatan kerja yang terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan.
b)      Ketentuan mengenai penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja diatur dengan Peraturan Pemerintah.

2.5.1    Fungsi dan tujuan Sistem Manajemen K3

            Fungsi dan tujuan utama penerapan SMK3 adalah untuk mengurangi atau mencegah kecelakaan yang mengakibatkan cedera atau kerugian materi.
(Sumber: Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001, Soehatman Ramli, 2010)

2.5.2    Fungsi Sistem Manajemen K3

1.      Sebagai alat manajemen
2.      Sebagai agen pemenuhan persyaratan
3.      Sebagai Konsultan keselamatan
4.      Sebagai Pengendali rugi
(Sumber: Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001, Soehatman Ramli, 2010)

2.5.3    Tujuan Sistem Manajemen K3

1.         meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi.
2.         mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, pekerja/buruh, dan/atau serikat pekerja/serikat buruh.
3.         menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas.
(Sumber: PP Republik Indonesia No.50 tahun 2012 Tentang Penerapan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Bab I, pasal 2)

2.5.4    Manfaat Sistem Manajemen K3

1.         Perlindungan karyawan
2.         Memperlihatkan kepatuhan pada peraturan dan undang-undang
3.         Mengurangi biaya
4.         Membuat sistem manajemen yang efektif
5.         Meningkatkan kepercayaan dan kepuasaan pelanggan
(Sumber: Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja, Rudi Suardi, 2007)

2.6.      Proses SMK3

Menurut OHSAS 18001, sistem manajemen merupakan satu kesatuan untuk menetapkan kebijakan dan sasaran serta untuk mendapat objektif tersebut. Sistem manajemen K3 tediri atas 2 (dua) unsur pokok yaitu proses manajemen dan implementasinya. Proses SMK3 menjelaskan bagaimana sistem manajemen tersebut dijalankan atau digerakkan. Sedangkan elemen merupakan komponen-komponen kunci yang terintegrasi satu dengan lainnya membentuk satu kesatuan sistem manajemen. Elemen-elemen ini mencakup antara lain tanggung jawab, wewenang, hubungan antar fungsi, aktivitas, proses, praktis, prosedur, dan sumber daya. Elemen ini dipakai untuk menetapkan kebijakan K3, perencanaan, objektif, dan program K3.
Proses sistem manajemen K3 menggunakan pendekatan PDCA (plan-do-check-action) yaitu mulai dari perencanaan, penerapan, pemeriksaan dan tindakan perbaikan. Dengan demikian, sistem manajemen K3 akan berjalan terus menerus secara berkelanjutan selama aktivitas organisasi masih berlangsung.  Sistem Manajemen K3 dimulai dengan penetapan kebijakan K3 oleh manajemen puncak sebagai perwujudan komitmen manajemen dalam mendukung penerapan K3. Kebijakan K3 selanjutnya dikembangkan dalam perencanaan. Tanpa perencanaan yang baik, proses K3 akan berjalan tanpa arah (misguided), tidak efisien, dan tidak efektif.
(Sumber: Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001, Soehatman Ramli, 2010)
   
Gambar 2.3 : Elemen Implementasi dari Sistem Manajemen K3 Sesuai OHSAS 18001
(Sumber : Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001, Soehatman Ramli, 2010)

Komentar

  1. Terima kasih Bos.. pengertian dan tujuan SMK3 ini membantu ane membuat laporan akhir tahun mengenai SMK3...
    jangan lupa kunjungi juga blog ane : http:\\huntgetbitcoin.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangnya Duluan Bayar Belakangan
      Perihal:
      DVD Presentasi New Version 885MB/906 Files HRD (Human Resource Development), 5S, AHP, Audit Internal, Balanced Score, CPOB, HACCP dan GMP (Analisa Keamanan Pangan), ISO 9001:2015, ISO 14001:2015 (Manajemen Lingkungan), Audit Interna - ISO:14001, ISO 15489 (Manajemen Kearsipan), ISO: 17025 (Manajemen Laboratorium), ISO: 22000 (Manajemen Keamanan Pangan), ISO/TS : 16949 (Manajemen Otomotif), ISO/IEC 17799:2000 (Manajemen Keamanan Informasi), Manajemen Perkantoran, Malcolm Baldridge National Quality Awards (MBNQA), SA 8000 (Manajemen Ketenagakerjaan), Six Sigma, Safety, OHSAS dan SMK3
      Jika perusahaan Anda memiliki kebutuhan yang berkaitan dengan HRD, (Human Resource Development), 5S (Dasar dasar tentang Rapi, Bersih dan Tertata), AHP (Analytic Hierarchy Process), Audit Internal, Balanced Score, CPOB, HACCP dan GMP (Analisa Keamanan Pangan), ISO diantaranya (9001:2015, 14001:2015 (Manajemen Lingkungan), 14001 (Audit Internal Manajemen Lingkungan), 15489 (Manajemen Kearsipan), 17025 (Manajemen Laboratorium), 22000 (Manajemen Keamanan Pangan), ISO/TS 16949 (Manajemen Otomotif), ISO/IEC 17799:2000 (Manajemen Keamanan Informasi), Manajemen Perkantoran, MBNQA (Malcolm Baldridge National Quality Awards), SA 8000 (Manajemen Ketenagakerjaan), Six Sigma, Safety, OHSAS dan SMK3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja); akan tetapi mungkin perusahaan dimana Anda bekerja memiliki budget yang terbatas, waktu yang sempit, dan berbagai kendala faktor lainnya untuk mengikuti seminar atau training dengan topik tersebut di atas yang rata-rata kisaran harganya 1,5 - 4,5 juta per orang.
      Maka berikut ini adalah salah satu solusi terbaik yaitu kumpulan presentasi untuk kebutuhan perusahaan Anda atau bahkan untuk Anda pribadi yang dikemas dalam 1 (satu) CD/DVD yang berisi hampir 2 GB/Total +1800 Files. Dengan isi sebagai berikut, dengan format semuanya powerpoint, pdf, word, dan excel :
      Daftar Isi selengkapnya bisa dibaca ----->DISINI<----
      Khusus bagi yang berminat kami menawarkan untuk mengirimkan 1 keping CD tersebut, dengan menggantikan biaya pembuatan dan biaya pengiriman (khusus untuk pulau Jawa) dengan biaya sejumlah Rp. 125.000,- (#seratus dua puluh lima ribu rupiah#) included, sedangkan untuk diluar pulau Jawa dengan biaya sejumlah Rp. 175.000,- (#seratus tujuh puluh lima puluh ribu rupiah#) included
      Catatan :
      Jika Bapak dan Ibu menginginkan copy DVD untuk dikirimkan terlebih dahulu, mohon untuk segera mengirimkan :
      Nama Lengkap :
      Perusahaan/Instansi :
      alamat lengkap pengiriman (rumah/ kantor bekerja) :
      email (pribadi/kantor) :
      Bidang Pekerjaan saat ini :
      Telepon (Rumah/Kantor) :
      Facsimile :
      No. HP :
      kirim email ke : gentamandiri@gmail.com atau sms/wa/telp ke 0895-3882-46806 (untuk memudahkan pihak Pandu Siwi dan Indo logistic maupun tracing kami baik pengiriman maupun transfernya), baru dilakukan transfer setelah copy DVD diterima Bapak dan Ibu, paling lambat 3 hari setelah penerimaan copy DVD.
      atau FAST RESPOND VIA WA ADMIN KLIK ----->DISINI<----
      Demikian yang saya sampaikan, semoga bisa memberikan manfaat dan menjadikan ilmu yang berguna. Terima kasih banyak, dan sekali lagi mohon maaf bila tidak berkenan.

      Hormat Kami,
      Gentamandiri Group
      Telp/SMS/WA/ : 0895-3882-46806
      Pin BBM : D280498C

      Hapus
  2. daythammynet
    Class College Education training Beauty teaching university academy lesson  teacher master student  spa manager  skin care learn eyelash extensions tattoo spray

    BalasHapus
  3. wahh penjelasannya bagus...saya juga lagi belajar tentang K3 di ketinggian

    BalasHapus
  4. Borgata Hotel Casino and Spa - MapYRO
    Get directions, reviews 문경 출장마사지 and information for Borgata Hotel Casino and Spa in Atlantic 부산광역 출장안마 City, NJ. Borgata Hotel Casino and Spa, Atlantic City, NJ. Rating: 4.3 과천 출장마사지 · 당진 출장안마 ‎15 공주 출장안마 reviews

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer